【インドネシア語動画解説】3,000ルピアで食べ放題!①

インドネシア語

インドネシア語音声の動画を紹介します。

リスニングの練習にもなるので、参考にしてください。

今回紹介するのは、KOMPASの「Rp.3.000, Makan Sepuasnya di Jakarta」(ジャカルタで3,000ルピアで食べ放題)です。

Rp.3.000, Makan Sepuasnya di Jakarta

概要

この動画はインドネシアで暮らす人々のドキュメンタリーシリーズのひとつで、ジャカルタで3,000ルピア(約25円)で食事を販売している人を取り上げています。

文章(インドネシア語)

この動画に載ってある字幕です。
※実際の音声とは若干異なることがあります。

assalamualaikum warahmatullahi wabarukatuh. Nama saya Muhammad Jusuf Hamka, Saya Mualaf.

Saya adalah pemilik dan pedagang warung nasi kuning Podjok Halal yang dibuka tanggal 6 Februari 2018.

Saya menjual nasi kuning ini seharga 3.000 rupiah.

Nasi kuning ini saya beli diantaranya harga 10.000 dan 12.000,

dan ini bentuk peganbdian saya, bentuk rasa terima kasih saya kepada Tuhan dan bentuk terima kasih saya kepada Indonesia.

Warung nasi kuning Podjok Halal.

Saya sudah ada di dua lokasi, Jalarta barat di jalan Hayam Wuruk dibawah jembatan penyebarangan Olimo.

Insya Allah nanti saya akan buka di samping gedung KPK.

Di situ ada tanah kosong dan pemiliknya bilang boleh dipinjam dan dipakai untuk dagang nasi kuning.

Selanjutnya kita akan buka di Jakarta Selatan, di Pejaten Barat. Selanjutnya mungkin di Jakarta Timur.

Insya Allah lima wilayah Jakarta dalam tahun ini bisa kita buka semua.

Kalau semua lima udah buka dampaknya positif,

Meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan dan yang kekurangan,

Insya Allah nanti seluruh Indonesia kita akan buka juga.

Dan kita ajak kawan-kawan pengusaha untuk buka ini.

Sebab ini menurut saya, menjual dengan harga 3.000 mungkin secara matematika, rupiahnya mungkin rugi.

Tetapi ini adalah dengan yang paling untung.

Karena apa?

Harta yang kita simpan adalah bukan harta kita,

Itu akan menjadi milik anak cucu kita, jadi rebutan orang.

Tapi harta yang kita sedekahkan ini adalah harta kita di akhirat nanti. Jadi, untungnya di situ.

Semua 3.000 dan makan boleh sekenyangnya.

Gak kenyang tambah lagi, bahkan kita di sini kebijaksanaan dari teman-teman karyawan di sini memutuskan.

Kalau ada orang gak mampu kita kasih gratis.

Kalau dia cuma bawa 3.000 anaknya tiga, gak ada duitnya, kita kasih gratis.

Orang kaya silahkan makan di sini, mau infaq boleh.

Kita ga minta sumbangan, gak bikin proposal.

Lucu, ada orang kaya yang bayar cuma 3.000, ada orang kaya yang bayar 5.000.000,

Ada itu, ada yang 50.000 ada yang 20.000 ada 10.000, jadi dengan keadaan warung kuning ini saya belajar.

Belajar mengetahui karakter manusia.

Oleh sebab itu saya pikir banyak hal-hal positif yang saya dapat sehingga saya bisa memperbaiki diri lagi.

Warung kuning Podjok Halal ini sebenarnya berangkat dari saya bulan ramadhan tahun ke enam atau ketujuh tahun ini,

Untuk memberikan makanan gratis 1.000 porsi perhari di bulan ramadhan.

Tetapi sekarang saya berpikir, setelah usia saya 60 tahun,

Berbuat baik saja harus menunggu bulan ramadhan, kenapa tidak setiap hari. Insya Allah setiap hari saya mampu.

Makanya saya buka sejak 6 Februari kemarin, kita buka warung Podjok Halal 2018 ini.

Jadi sekarang 12 maret 2018 juga kita buka di Hayam Wuruk.

Insya Allah nanti akhir maret atau awal april kita bakal buka di samping gedung KPK.

Dan selanjutnya di Pejaten Barat dan di Duren Sawit kita buka.

Pegawainya ini cuma 2, yaitu yang punya warung yang mensuplai
Makanan dan karyawan karyawati kita yang mendampingi.

Karyawati kita ini juga tidak dibayar, mereka mensedekahkan waktu jam istirahatnya.

Jadi semua saling mau beribadah. Sukarelawan yang tanpa bayar.

11.30 sampai 12.30. tapi bahkan kadang-kadang kala kita sampai jam 13.00

Dan ini dijaga pleh teman-teman yang istirahat semua gantian, rolling kita.

Saya ini pedagan tulen.

Dari kecil umur 12 sudah dagang es mambo sama dagan asongan.

Akhirnya sampai saat ini saya ya penasehat di beberapa perusaaan besar.

Jujur saya berjualan nasi kuning ini, nasi kuning Podjok Halal ini karena saya punya outlet podjok halal.

Yang di sebelah sana, tetapi itu komersil.

Kalau ini tidak komersil

dan saya ingin bersama-sama membantu meringankan saudara-saudara kita

yang mungkin kalau dia kerja di jakarta biaya makannya satu hari bisa 10.000 sampai 15.000.

Oleh sebab itu saya siapkan 3.000 dengan lauk yang layak yaitu ada ayam, ada telor, ada sayur dan sambel

serta ada buahnya pisang dan air minum.

Sebenarnya membantu meringankan saudara-saudara kita yang berkekurangan.

Dan mudah-mudahan teman-teman pengusaha yang mampu bisa ikut membuka yang seperti ini.

Saya orang kaya pun bayar 3.000 tidak apa-apa, sebab buat saya pahalanya.

Mereka kaya tetapi mereka kikir, mereka bayar 3.000, gaku apa-apa pahala buat saya.

Pahal itu Hoki kalau bahasa orang Tiong Hoa.

Hokinya itu berpindah, Mudah-mudahan yang kaya bisa mensubsidi yang lain.

Banyak teman-teman kita yang muslim malah luar biasa, bayar 50.000 dikembaliin gaku mau,

punya 10 ribu, 20 ribu dikembaliin gaku mau.

Bahkan non-muslim, ada ibu-ibu datang makan kesini ngeamplopin 5 juta rupiah.

Alhamdulillah. Terus si ibu bilang, “Saya minta proposal, saya mau bagi ke teman-teman”,

saya gak bikin proposal dan saya gak minta sumbangan sama siapa-siapa,

Tetapi, kalau anda mau ikut sedekah, sedekahlah di sini sama-sama.

Pertama ibu saya bekas pedagang nasi kuning di Samarinda dulu.

Dan sya waktu kecil suka bantuin bawa nasi kuning buat jualan.

Kedua yang terbesit adalah Bahwa saya diberi kenikmatan oleh Allah setiap hari,

Saya layanin dulu boleh? Gak apa-apa saya layanin dulu pelanggan saya.

Pak, ayam/ telor?

Telor aja deh pak Telor.

iya pak, saya layanin bapak, barokah ya pak.

Seperti saya katakan, bahwa Allah beri saya rezeki setiap hari.

Gak usah berbuah materi. Oksigen yang Dia kasih setiap pagi saya bangun masih bisa nafas,

mata saya buka masih bisa lihat, kuping saya langsung bisa dengar.

Lidah saya bisa mencicipi asin, manis, asem, pahit, semua saya bisa mencicipi.

Terus kemudian tangan dan kaki saya bisa bergerak. Ini rezeki, karunia Allah yang tidak terhingga.

Coba andai kata mata saya tidak bisa lihat itu luar biasa saya gak bisa lihat.

Ini saya bisa semuanya lengkap dikasih Allah.

Sehat badan, kenapa saya gak berbagi setiap hari. Ini kan udah ajaran Allah, ajaran agama saya seperti itu.

Tidak mencapai target. Saya minimum tadinya mau 100 setiap outlet yang saya buka,

Tetapi ini masih dibawah 100, sebab target saya untuk berbuat baik adalah 1000porsi perhari.

Tetapi ini baru 2 outlet. Itu pun juga dibawah seratus.

Tetapi mungkin, orang-orang masih menganggap, ini Hoaks atau apa mungkin, atau gak yakin gak percaya.

Makanya, saya minta teman-teman, ayo dong, cobain, makanannya bener gak_ enak gak? Sesuai gak?

Dan harganya benar murah gak? Anda bisa cek.

Satu piring nasi aja cuma nasi aja 3.000,

Bagaimana buah-buahannya, bagaimana ayamnya, bagaimana telornya, bagaimana sayur-sayuran.

Jadi di sini makan itu boleh punya 3.000, gak kenyang, makan lagi, tambah, gak apa-apa, itu toleransi kita.

Jadi silakan sepuasnya. Tetapi, banyak saudara-saudara kita walaupun mereka orang kecil, mereka tahu diri.

“Cukup deh, masih ada saudara tang lain nanti gak kebagian” itu Alhamdulillah, Luar biasa.

Itu orang kecil, lebih punya wawasan yang positif menurut saya.

Hasil penjualannya diputar lagi.
Jadi, yang lucu modal awal gak terlalu besar, sampai sekarang modal awalnya oleh habis.

Jadi banyak yang infaq gitu yang kecil-kecil, membantu itu. Jida, insya Allah lah,

Ini sasampai kapanpun juga pasti ini warung akan berkembang.

Yang pasti secara matematika, warung ini gak ada untungnya,

Tapi untungnya adalah saya melayani. Saya melayani saudara-saudara kita.

Saya akan terima sumbangan bentuk apapun.

Yang tidak mendikte. Tidak mengatur apapun.

Karena ini pemberian ini tidak ada unsur-unsur popularitas, politis, atau ingin segala macam. Tidak.

Siapapun agamanya, gak punya agama aja boleh makan di sini. Apapun sukunya.

Mau yang Tiong Hoa, mau yang Jawa, mau yang Arab, mau yang orang bule kek, mau mampir sini, monggo, silakan.

Makan saja, bersukacita di sini, enggak ada yang susah.

Itu ada 5-6 warung. Itu saya bilang setiap hari gantian.

Beli 100 dari warung A, besok selasa dari warung B, besok rabu dari warung C.

Supaya kita tidak mematikan mereka juga, kita memberdayakan mereka.

Kalau saya bawa dari katering luar, mereka yang pedagang di sekitar tempat itu akan mati.

Karena bersaing dengan kita yang harganya murah, kita harga subsidi.

Dan ini yang saya tidak kehendaki. Karena rezeki yang turun dari Allah, buat saya dan buat teman-teman semua.

Baik dia pedagang maupun saudara-saudara kita yang tidak mampu yang pekerja-pekerja.

Nah ini makanya saya harus ratakan seperti itu.

Saya meminta teman-teman masyarakat yang mengetahui ini,

Yang mengetahui ada warung murah, yang khususnya untuk membantu saudara-saudara kita yang kekurangan,

Ayo sampaikan kepada saudara-saudara kita yang kekurangan. Di sini ada tempat makan yang bisa meringankan beban mereka.

Ayo, saya tantang anda, saya bagi virus kebaikan inilah konkrit yang seperti ini kita membantu saudara-saudara kita yang kekurangan,

dan tidak akan membuat kita miskin memberi orang makan. Itu saya ditekankan oleh orang tua saya.

Jangan pernah kamu akan merasa miskin karena memberi makan orang lain.

Simpel kehidupan saya, saya anak kampung rezeki kota. Allah kasih saya rezeki kota sedikit.

解説(日本語訳)

動画のインドネシア語を解説していきます。

assalamualaikum warahmatullahi wabarukatuh. Nama saya Muhammad Jusuf Hamka, Saya Mualaf.

こんにちは(イスラム教の挨拶)。私の名前はMuhammad Jusuf Hamkaです。イスラム教の改宗者です。

*assalamualaikum warahmatullahi wabarukatuh:イスラム教の挨拶。
※インドネシアでは、イスラム教徒でなくても使っています。
*mualaf :イスラム教への改宗者

Saya adalah pemilik dan pedagang warung nasi kuning Podjok Halal yang dibuka tanggal 6 Februari 2018.

私は2018年2月6日にオープンしたPodjok Halalというナシ・クニンの屋台を所有して商売しています。

*pemilik:所有者
*pedagang:商人
*warung:屋台
*nasi kuning:黄色いごはんのインドネシア料理
*dibuka:開けられる、buka(開ける)の受動態

Saya menjual nasi kuning ini seharga 3.000 rupiah.

このナシ・クニンを3,000ルピアで売っています。

*menjual:売る
*seharga:〜の価値で

Nasi kuning ini saya beli diantaranya harga 10.000 dan 12.000,

私はこのナシ・クニンを1万〜1万2千ルピアの間で買っています。

*beli:買う
*diantaran:〜の間
*harga:価値、値段

dan ini bentuk peganbdian saya, bentuk rasa terima kasih saya kepada Tuhan dan bentuk terima kasih saya kepada Indonesia.

そして、これは私の奉仕、神様へのありがとうの気持ち、インドネシアへのありがとうの気持ちの形です。

*pengabdian:献身、奉仕
*Tuhan:神

Warung nasi kuning Podjok Halal.

それがナシ・クニンの屋台 “Podjok Halal”です。

Saya sudah ada di dua lokasi, Jakarta barat di jalan Hayam Wuruk dibawah jembatan penyebarangan Olimo.

2箇所でやっています。西ジャカルタ市のHayam Wuruk道路とOlimo横断橋の下です。

*jembatan:橋
*penyeberangan:横断、渡し
*jembatan penyeberangan:横断橋
*bawah:下

Insya Allah nanti saya akan buka di samping gedung KPK.

神がお許しになれば、今後、KPKの建物の隣で開くつもりです。

*Insya Allah:神がお許しになれば
*nanti:あとで
*samping:〜の隣
*gedung:建物
*KPK:汚職撲滅委員会(Komisi Pemberantasan Korups)

Di situ ada tanah kosong dan pemiliknya bilang boleh dipinjam dan dipakai untuk dagang nasi kuning.

そこには空き地があって、所有者はナシ・クニンの商売のために使ってもいいよと言ってくれています。

*situ:そこ
*tanah kosong:空き地 *kosong:空の
*bilang:言う
*dipinjam:pinjam(借りる)の受動態
*dipakai:pakai(使う)の受動態
*dagang:商売

Selanjutnya kita akan buka di Jakarta Selatan, di Pejaten Barat. Selanjutnya mungkin di Jakarta Timur.

それから私達は南ジャカルタ市、Pejaten Barat、そしてだぶん東ジャカルタ市で開店します。

*Selanjutnya:それから

Insya Allah lima wilayah Jakarta dalam tahun ini bisa kita buka semua.

神がお許しになれば、今年中にジャカルタ5地域で、すべてオープンできる。

Kalau semua lima udah buka dampaknya positif,

もし5つすべてオープンしたらその影響はプラスになります。

*kalau:もし〜ならば
*udah:sudahのカジュアルな言い方
*dampak:影響
*positif:肯定的

Meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan dan yang kekurangan,

みんなが必要としているもの、不足しているもの、みんなの負担を軽減します。

*Meringankan:軽減する
*beban:荷物、負担
*saudara-saudara:みなさん *saudara:兄弟、親類
*membutuhkan:必要とする
*kekurangan:不足

Insya Allah nanti seluruh Indonesia kita akan buka juga.

神がお許しになれば、今後、インドネシア全国でも開きます。

*seluruh:すべての

Dan kita ajak kawan-kawan pengusaha untuk buka ini.

そして店を開くために、実業家の友人たちに呼びかけます。

*ajak:誘う、呼びかける
*pengusaha:実業家、経営者

Sebab ini menurut saya, menjual dengan harga 3.000 mungkin secara matematika, rupiahnya mungkin rugi.

このため、私にとって、3千ルピアで売ることは、数字上たぶん損失になります。

*menurut:〜によれば
*secara:〜的に
*matematika:数学的
*sebab:原因、理由、(~だから)
*rugi:損失

Tetapi ini adalah dengan yang paling untung.

しかし、これはもっともラッキーなこと。

*untung:運、ラッキー

Karena apa?

なぜでしょうか?

Harta yang kita simpan adalah bukan harta kita,

私達が溜めている財産は、財産ではありません。

*harta:財産
*simpan:保存する

Itu akan menjadi milik anak cucu kita, jadi rebutan orang.

それは子孫の財産となりますが、奪い合いとなります。

*milik:財産、所有物、不動産
*cucu:孫
*rebutan:奪い合うもの

Tapi harta yang kita sedekahkan ini adalah harta kita di akhirat nanti.

でも私達が与えている財産は来世での財産です。

*sedekahkan:(施し物として)与える
*akhirat:来世

Jadi, untungnya di situ.

幸運はそこにあります。

Semua 3.000 dan makan boleh sekenyangnya.

すべて3千ルピアで、お腹いっぱい食べていいです。

*sekenyangnya:お腹いっぱい

Gak kenyang tambah lagi, bahkan kita di sini kebijaksanaan dari teman-teman karyawan di sini memutuskan.

お腹いっぱいじゃなかったら追加する。ここでもスタッフの友人たちの考えで決めました。

*tambah:足す
*bahkan:それどころか、さらに
*kebijaksanaan:方針、知恵
*karyawan:職員、スタッフ
*memutuskan:決める

Kalau ada orang gak mampu kita kasih gratis.

もし裕福でない人がいたら、無償でします。

*mampu:できる、裕福な
*kasih:愛情
*gratis:無料、無償

Kalau dia cuma bawa 3.000 anaknya tiga, gak ada duitnya, kita kasih gratis.

もし3人の子供で3千ルピアだけ持ってきて、お金がなかったら、無償でします。

*cuma:だけ、のみ
*duit:お金

Orang kaya silahkan makan di sini, mau infaq boleh.

裕福な人もここで食べてください。寄付をしてもいいです。

*kaya:裕福な、お金がある
*silahkan:どうぞ
*infaq(infak):寄付、慈善行為

Kita ga minta sumbangan, gak bikin proposal.

わたしたちは寄付を要求しません。提案もしません。

*minta:要求する、頼む
*sumbangan:寄付
*bikin:作る
*proposal:提案、計画

Lucu, ada orang kaya yang bayar cuma 3.000, ada orang kaya yang bayar 5.000.000,

面白いのは、3千ルピアだけ払うお金持ちがいるし、5百万ルピア払うお金持ちもいる。

*bayar:支払う

Ada itu, ada yang 50.000 ada yang 20.000 ada 10.000, jadi dengan keadaan warung kuning ini saya belajar.

5万もあるし、2万も1万もある。この屋台の様子で、私は学んでいます。

*keadaan:状態

Belajar mengetahui karakter manusia.

人の性格を知ることができます。

*mengetahui:知る
*manusia:人間

Oleh sebab itu saya pikir banyak hal-hal positif yang saya dapat sehingga saya bisa memperbaiki diri lagi.

それによって、自分をより良くすることができる多くのいいことを思いつきます。

*pikir:思う
*memperbaiki:改善する

Warung kuning Podjok Halal ini sebenarnya berangkat dari saya bulan ramadhan tahun ke enam atau ketujuh tahun ini,

Untuk memberikan makanan gratis 1.000 porsi perhari di bulan ramadhan.

この Podjok Halalの屋台は、実は1日に1000人前を無料で配るために、今年のラマダンの6年目か7年目に始まりました。

*sebenarnya:実は
*berangkat:出発する

Tetapi sekarang saya berpikir, setelah usia saya 60 tahun,

Berbuat baik saja harus menunggu bulan ramadhan, kenapa tidak setiap hari. Insya Allah setiap hari saya mampu.

しかし、私が60歳になった今考えているのは、善い行いをするのにラマダンを待たないといけない。なぜ毎日ではないのか?神がお許しになれば、私は毎日できます。

*berbuat:する
*baik:良い

Makanya saya buka sejak 6 Februari kemarin, kita buka warung Podjok Halal 2018 ini.

先日、2018年2月6日からPodjok Halalをlオープンしました。

*sejak:以来
*kemarin:昨日、先日

Jadi sekarang 12 maret 2018 juga kita buka di Hayam Wuruk.

今、2018年3月12日にHayam Wurukにもオープンしました。

*Maret:3月

Insya Allah nanti akhir maret atau awal april kita bakal buka di samping gedung KPK.

神がお許しになれば、この後、3月末もしくは4月のはじまりにKPKの建物の隣にオープンするつもりです。

*bakal:未来、〜するつもり

Dan selanjutnya di Pejaten Barat dan di Duren Sawit kita buka.

そして続いて、Pejaten BaratとDuren Sawitにオープンします。

Pegawainya ini cuma 2, yaitu yang punya warung yang mensuplai
Makanan dan karyawan karyawati kita yang mendampingi.

職員は2人だけです。つまり食事を供給する人と付き添う女性スタッフ。

*pegawai:職員
*yaitu:つまり
*mensuplai:供給
*karyawati:女性職員
*mendampingi:付き添う

Karyawati kita ini juga tidak dibayar, mereka mensedekahkan waktu jam istirahatnya.

女性スタッフも給料の支払いはありません。彼女たちは休憩する時間を使ってくれています。

*dibayar:bayar(支払う)の受動態

Jadi semua saling mau beribadah. Sukarelawan yang tanpa bayar.

なので、みんなお互いに称え合います。無償のボランティアです。

*saling:互いに
*beribadah:賛美する
*sukarelawan:ボランティア
*tanpa:〜なしで

11.30 sampai 12.30. tapi bahkan kadang-kadang kala kita sampai jam 13.00

11時30分〜12時30分まで。しかし、ときどき1時までのときもあります。

*kadang-kadang:ときどき

Dan ini dijaga oleh teman-teman yang istirahat semua gantian, rolling kita.

そして、友人たちで交代で休憩して、店番をします。

*dijaga:jaga(見張る)の受動態
*gantian:交代、代わり

Saya ini pedagan tulen.

私は生粋の商売人です。

*tulen:純粋の

Dari kecil umur 12 sudah dagang es mambo sama dagan asongan.

12歳の小さい頃からアイスmamboを売り歩いていました。

*kecil:小さい
*es:アイス、冷凍
*asongan:行商する

Akhirnya sampai saat ini saya ya penasehat di beberapa perusahaan besar.

最終的にこれまで、いくつかの大企業でアドバイザーをしました。

*Akhirnya:ついに、結局
*penasehat:アドバイザー

Jujur saya berjualan nasi kuning ini, nasi kuning Podjok Halal ini karena saya punya outlet podjok halal.

正直なところ、podjok halalの販路があるので、このナシ・クニンを販売しています。

*jujur:正直な、誠実な
*berjualan:売る
*outlet:出口、販路

Yang di sebelah sana, tetapi itu komersil.

そこの隣にあります。しかしそれはビジネスです。

*sebelah:〜側

Kalau ini tidak komersil

dan saya ingin bersama-sama membantu meringankan saudara-saudara kita

yang mungkin kalau dia kerja di jakarta biaya makannya satu hari bisa 10.000 sampai 15.000.

もしこれがビジネスでなかったら、

私はみんなの負担を軽くするのを一緒に手伝いたいです。

たぶんジャカルタで働いたら、1日の食費は1万〜1万5千ルピアになるでしょう。

*membantu:手伝う、助ける
*biaya:費用

Oleh sebab itu saya siapkan 3.000 dengan lauk yang layak yaitu ada ayam, ada telor, ada sayur dan sambel

serta ada buahnya pisang dan air minum.

それにより、3千ルピアで適度なおかずを準備しました。つまり。鶏肉、たまご、野菜、ソースがあります。

*sapkan:準備する
*lauk:おかず
*layak:適切な
*ayam:鶏肉
*telor:たまご
*sayur:野菜
*sambel:ソース

Sebenarnya membantu meringankan saudara-saudara kita yang berkekurangan.

正直、みんなの負担を軽くするためには、足りません。

Dan mudah-mudahan teman-teman pengusaha yang mampu bisa ikut membuka yang seperti ini.

裕福な経営者の若者たちは、このようなお店をオープンするのに参加できます。

Saya orang kaya pun bayar 3.000 tidak apa-apa, sebab buat saya pahalanya.

裕福な人々も3千ルピア払うので構いません。私にとってそれは報酬だからです。

*pahala:報酬

Mereka kaya tetapi mereka kikir, mereka bayar 3.000, gaku apa-apa pahala buat saya.

お金持ちでもケチで、3千ルピア払うだけでも構いません。報酬です。

*kikir:ケチ

Pahal itu Hoki kalau bahasa orang Tiong Hoa.

華人の言葉で、報酬は運です。

*hoki:儲け、運、福
*Tiong Hoa:華人

Hokinya itu berpindah, Mudah-mudahan yang kaya bisa mensubsidi yang lain.

運は移ります。裕福な若者たちは、他の人々を助けます。

*berpindah:移動する
*mensubsidi:補助する、助成する

Banyak teman-teman kita yang muslim malah luar biasa, bayar 50.000 dikembaliin gaku mau,

punya 10 ribu, 20 ribu dikembaliin gaku mau.

私たちのムスリムのたくさんの友達は、それどころか、普通じゃありません。5万ルピアを払い戻します。

*malah:それどころか
*luar biasa:異常な
*dikembaliin (dikembalikan):memgembalikan(戻す)の受動態

Bahkan non-muslim, ada ibu-ibu datang makan kesini ngeamplopin 5 juta rupiah.

さらにムスリムではない女性たちがここに食べに来て、5百万ルピアを包んでくれました。

Alhamdulillah. Terus si ibu bilang, “Saya minta proposal, saya mau bagi ke teman-teman”,

ありがとうございます。続けて女性が言いました。「私は提案したい、友達たちに分けたい」

*bagi:~にとって,分ける

saya gak bikin proposal dan saya gak minta sumbangan sama siapa-siapa,

私は誰にも提案しないし、寄付も要求しません。

*bikin:作る

Tetapi, kalau anda mau ikut sedekah, sedekahlah di sini sama-sama.

しかし、もし寄付をしたいのならば、どうぞ寄付をしてください。

後半部分の解説(日本語訳)はこちらをご覧ください。

タイトルとURLをコピーしました